Jumat, 17 Mei 2013

Buah langka yang ada di Kalimantan Selatan

Haiii guys,,,sekedar sharing ne,,
pasti belum pada kenal kan dengan buah-buah khas yang ada di Kalimatan Selatan...
kebetulan, tadi sore lagi ngbahas skripsi tentang berbagai macam buah langka yang ada di kalimantan,,Eh mikir deh,,kenapa nggak sekalian aja ngasih tau kalian semua tentang buah yang ada di tempat pulau tinggal aku :)

Yuk, simak :)


BUAH MARITAM, BUAH YAG UNIK & MANIS




Buah maritam ini seperti buah rambutan, tetapi tidak mempunyai rambut.
Buah maritam juga mempunyai warna yang unik, jika buah rambutan mempunyai warna merah sedangkan buah maritam ini mempunyai warna merah keungu-unguan.
Untuk bagian dalam buah maritam dan rasanya seperti nuah rambutan.


BUAH KURANJI (lucu banged ya namanya :D)



Inget banged waktu zaman SD makan buah kuranji ampe muka tu kelipet, soalnya asem-asem kecut githu,,tapi ada manisnya juga sih.


BUAH MAHRAWIN (seperti durian ya :D)




Hmmm,,,pasti pada ngira ini durian. Bukan guys,,ini adalah buah mahrawin. Buah mahrawin ini ukurannya dari kecil sampai sedang. Bentuk buah bulat, berduri panjang dan tajam. Isi buah sedang berwarna kekuningan, rasa lebih manis tapi tidak berbau tajam dan tidak ada rasa yang menyengat seperti durian. 


BUAH LAHUNG (serem banged yah nama na :D)




Buah lahung sejenis durian tetapi kulit dengan duri panjang dan lancip warna merah kehitaman, merupakan buah khas pedalaman Kalimantan, namun kini susah susah sekali ditemukan. :(


BUAH LAI (lagi-lagi mirip durian :p)




Ini adalah buah Lai,buah ini terdapat di kalimantan,kebetulan saya mengambil gambar ini di Kalimantan Timur,Samarinda.
Yang membedakan antara buah Durian dan buah Lai ini adalah,buah durian memiliki aroma yang harum dan khas,sementara buah Lai tidak mengeluarkan aroma sama sekali.
Buah Lai ini rasannya sangat manis,isi buah ini berwarna Orange yang khas dan sangat menggugah selera anda jika melihatnya.
Buah ini tidak ada efeknya jika anda memakan dengan jumlah yang banyak,berbeda dengan buah durian,kita merasa pusing jika makan buah durian dalam jumlah yang berlebihan.



Buah Tarap 
Buah tarap mirip sekali dengan buah sukun. Kulitnya bagaikan karet yang ditata rapi. Jika kita raba, kulitnya akan menempel ke telapak tangan, seperti kaki cicak. Buah tarap adalah sumber energi. Sebab rasanya sangat manis. Segera setelah kita memakannya, maka energi kita akan segera pulih.

Cara membukanya adalah dengan membelah buah tarap secara membujur. Kemudian kulit buah akan dengan mudah kita kelupas. Yang tertinggal adalah butiran-butiran ranum berwarna putih yang siap dinikmati. Sayang, buah tarap menyebarkan bau seperti cempedak. Sehingga bagi mereka yang tak menyukai buah beraroma, mungkin tak akan menyukai buah tarap.


Buah Bemotong 
Buah bemotong menggerombol di pangkal batang, tepat diatas tanah. Warnanya merah segar. Namun segera akan berubah kecoklatan begitu kita kutip dari pohonnya. Buah yang ukurannya seujung balpoin ini tersusun dalam tandan.
Warna daging buahnya ungu atau putih. Rasanya manis. Ada biji kecil ditengahnya. Saat menikmati, kita bisa telan saja biji kecil ini, seperti saat kita makan manggis.



Buah Asam putar
Buah Asam putar, disebut juga asam pulasan, jenis mangga unik ada di pedalaman Kalimantan, karena bijinya bisa dilepas dengan cara buahnya diputar.

Masih banyak lagi buah khas di Kalimantan Selatan :)


Mentega
rambai rambai               hambawanghambawang rambutan          mentega  langsat burung                  Rumbia Gitaan/(tampirik) Tarap Binjai Mundar   apel Banjar kasturi.jpg kasturi katapi sambal  kuwini  manggis     Ruko atau langsat hutan kapul.jpgkapul                               buah durin mantaulaKaratongan  ramania  kalangkalarukamlangsat tanjung lalamas

MASIH ADA PULUHAN LAGI, MAKANYA JANGAN HANYA SEKEDAR BACA, YUK MAIN KE KALIMANTAN, BIAR TAHU KELEZATAN RASA DARI BUAH YANG ADA DI PULAU KAMI :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar